Tuesday 15 January 2013

salamceria: Sepotong Ayam


“Fan! Kenapa elo masih naro makanan begini sih di kulkas?” tanya Kiara sambil mengeluarkan sebungkus sosis ayam yang Fani beli di supermarket.

“Emang kenapa? Kan ayam?” jawab Fani segera.

Kiara dan Fani adalah dua sahabat sejak SMA yang terdampar oleh mimpi-mimpi mereka ke benua biru. Eropa. Tepatnya di Jerman lah mereka menimba ilmu saat ini. Di tanah yang masih sedikit terinjak Islam. Di kawasan berminoritas Muslim. Ditempat iman diuji. Juga dengan kasus yang sudah dianggap kecil seperti perbincangan mereka sekarang.

“Emang halal?” sambung Kiara sambil membolak-balikan bungkusan sosis itu.

“Ayam kan halal.” Kilah Fani lagi.

“Motongnya gimana? Kalo motongnya salah kan udah jadi gak halal ini ayam. Oder?”

“Gue mah egal, Ki. Yang penting gue gak makan babi.” Sanggah Fani lagi.

“Elu egal-egal aja makan makanan yang jelas-jelas elu tau haram?” dahi Kiara berkerut kali ini.

“Ya terus gue makan apaaaaa? Sayur tiap hari? Toko Turki jauh, Kiiiii..”

“Makan ikan aja gimana, Fan?”

“Tapi mahal, Ki”

“Sarden? Murah tau. Gak nyampe satu Euro.”

“Tapi bosen lah gue makan sarden melulu.” Lagi-lagi Fani berkilah.

“Banyak kok ikan kalengan yang murah. Masak telor dimacem-macemin juga bisa. Ato lo beli sosis atau ayam wissen*** aja, Fan. Ada label halalnya loh.” Terang Kiara.

“Tapi, Ki. Gue gak bisa masak.”

“Faaaannn.. Elu tuh yah.. Tapi-tapi meluluuuuu.. Itu makanan kaleng tuh tinggal diangetin doang. Susah amat sih.” Kiara mulai gemas.

“Tapii..” Entah apalagi yang ada di kepala Fani. Dia sudah kehabisan alasan.

“Gue ajarin masak ya, Faaann.. Gue gak mau ah, elu makan-makanan yang gak halal. Mulai hindari ya, Fan..”

“Sebenernya gue emang agak ragu sih, Ki. Tapi gue bingung mau masak apa.” Fani mengaku.

“Yaudah, lain kali kalo ragu, tinggalin aja ya, Faaann.. Terus gak usah tapi-tapian kalo emang tau salah.”

“Iya, Ki. Danke banget ya, Ki. Elo sering-sering aja kesini, Ki. Masakin gue. Hehehe...” J

“Ahahaha.. Bitte, Faaann..”

Belajar Jerman:
Oder      : Atau (...., kan?)
Egal        : Terserah
Danke   : Makasih
Bitte      : Sama-sama
(bacanya sama kayak bahasa Indo)

No comments :

Post a Comment